Unit Tegangan, Arus, dan Tenaga

By | 15 September 2017

Nah, pada kesempatan yang baik ini, Belajar Electronics akan mengajak Anda semua pemula yang baru mulai menjelajahi dunia elektronika untuk melihat informasi tentang unit tegangan listrik, arus listrik, dan tenaga listrik. Untuk lebih memudahkan Anda, mari kita kupas satu per satu.

Mulai dari voltase listrik. Menurut definisi tegangan listrik adalah perbedaan potensial listrik yang ada antara dua titik di sirkuit listrik. Arus listrik adalah jumlah muatan listrik yang mengalir per satuan waktu. Sedangkan tenaga listrik adalah laju konduktivitas energi listrik di sirkuit listrik.

Tegangan, Arus, dan Daya
Dari beberapa penjelasan tentu saja Anda sudah memiliki gambar tentang voltase listrik, arus listrik, dan juga tenaga listrik. Di sini kita akan melanjutkan informasi tentang satuan besaran ini. Bagi anda yang ingin mengetahui informasi lengkap, silahkan lihat ulasan berikut.

Unit Tegangan Listrik

Unit: volt (V)
Simbol: V
Unit Arus Listrik

Unit: ampere (A)
Simbol: Saya
Unit Listrik

Unit: watt
Simbol: P
Juga baca: Teori Dasar Listrik dan Rumusnya
Dari tiga penjelasan di atas ada hubungan antara tiga besaran yang bisa dituangkan dalam formula. Rumusnya adalah P = V.I. Dimana P adalah tenaga listrik, V adalah tegangan listrik, dan saya adalah arus listrik. Rumusnya juga dikenal sebagai hukum Joule.

Nah, begitu sedikit informasi tentang unit besarnya tegangan, arus, dan tenaga listrik. Semoga informasi yang kami sampaikan pada kesempatan ini bisa memberi manfaat dan juga inspirasi bagi kita semua, terutama pembaca setia web belajarelektronika.net. Sampai jumpa lagi dan jangan lupa untuk berbagi artikel satu ini dengan teman Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *