Teknik Elektronika Dasar Analog dan Digital

By | 15 September 2017

Seperti yang telah kita saksikan bersama bahwa elektronik adalah cabang sains yang mempelajari perangkat listrik berupa arus lemah yang dioperasikan dengan mengendalikan arus elektron / partikel yang memiliki muatan listrik pada perangkat seperti peralatan elektronik, komputer, semikonduktor, termokopel, dan seterusnya.

Di dunia elektronika, elektronika terbagi menjadi dua jenis, yaitu analog dan digital electronics. Elektronik analog adalah cabang elektronik dimana sinyal listrik yang terlibat memiliki properti kontinyu. Sedangkan elektronika digital dimana sinyal listrik yang terlibat adalah sinyal digital dengan logika 1 atau 0.

Teknik Elektronika Dasar
Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk belajar elektronika, yaitu belajar dengan belajar sendiri atau belajar secara sistematis. Belajar otodidak adalah belajar mandiri dengan menggali informasi dan pengetahuan bahwa ada ntah dari buku atau dari media lain.

Sedangkan pembelajaran secara sistematis merupakan studi yang dilakukan secara berurutan dengan pendekatan yang jelas atau metode pembelajaran. Biasanya cara belajar ini dilakukan di sekolah, perguruan tinggi, atau kursus elektronika. Keduanya memiliki nilai positif dan negatif yang bisa Anda pertimbangkan jika ingin belajar elektronika.

Ada beberapa materi yang dipelajari di dunia elektronika seperti:

Teori elektronika
Komponen elektronik
Simbol komponen elektronik
Pengukuran komponen elektronik
Sirkuit elektronik
dll.
Anda bisa membaca artikelnya agar bisa memahami dunia elektronika dengan lebih mudah dan sistematis. Meski bisa diajarkan secara otodidak, namun Anda bisa mendapatkan materi yang telah disusun secara sistematis. Setelah Anda membaca artikel tersebut, Anda bisa langsung berlatih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *