Servo Motor: Memahami, Fungsi, dan Prinsip Kerja

By | 15 September 2017

Mayoritas motor listrik AC memiliki ukuran lebih besar dibanding motor DC. Nah, pada kesempatan ini learnelektronika.net akan mengajak anda semua untuk melihat informasi tentang satu jenis motor DC yang sangat menarik. Ya, apalagi kalau bukan motor servo.

Motor servo adalah salah satu jenis motor DC yang sering diaplikasikan di bidang robotika. Biasanya motor servo digunakan untuk arm drive atau sendi robot karena memiliki kemampuan untuk memutar searah jarum jam dan berlawanan arah jarum jam.

Memahami Motor Servo
Seperti disebutkan di atas, motor servo adalah jenis motor DC dengan sistem umpan balik tertutup yang terdiri dari motor DC, rangkaian roda gigi, sirkuit kontrol, dan potensiometer. Jadi motor servo sebenarnya tidak berdiri sendiri, namun didukung oleh komponen lain yang dalam satu paket

Sedangkan fungsi potensiometer pada motor servo adalah menentukan batas sudut rotasi servo. Sedangkan sumbu sudut motor servo dapat disesuaikan berdasarkan lebar pulsa yang dikirim melalui sinyal kaki kabel servo itu sendiri. Karena itu, motor servo bisa langsung dan berlawanan arah jarum jam.

Motor servo bisa menampilkan gerak 0 derajat, 90 derajat, 180 derajat, hingga 360 derajat. Tak heran jika motor ini banyak diaplikasikan ke kaki dan juga lengan robot. Selain itu motor servo juga memiliki torsi yang besar sehingga bisa menopang bobot yang cukup berat. Berikut adalah bagian motor servo.
Fungsi Motor Servo
Seperti disebutkan sebelumnya, fungsi motor servo sangat bervariasi dari lengan robot, kaki robot, dan banyak lainnya. Motor servo juga sering diaplikasikan untuk keperluan industri karena memiliki beberapa kelebihan. Tapi motor servo juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan motor servo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *