Perbedaan Seri dan Seri Paralel

By | 15 September 2017

Perlu diingat bahwa sirkuit seri dan paralel sebenarnya adalah dua metode atau cara untuk memasok energi listrik. Dua jenis sirkuit sering diaplikasikan pada instalasi listrik rumah atau lainnya. Perbedaan antara dua jenis urutan terletak pada persiapan, kelebihan, dan kekurangannya.

Seri Seri
1. Definisi Seri Seri

Seri Sirkuit adalah sirkuit listrik yang komponennya disusun secara paralel. Dengan kata lain semua komponen dalam rangkaian ini dipasang secara berurutan. Untuk detail lebih lanjut tentang rangkaian listrik seri, bisa anda lihat pada gambar di bawah ini.

untai. seri

Seri Seri Keuntungan

Ada beberapa kelebihan rangkaian rangkaian seperti memiliki kestabilan yang tinggi dalam melakukan listrik, lebih praktis dalam pembuatannya karena tidak memerlukan banyak komponen (kabel), dan lebih mudah dianalisis jika terjadi kerusakan atau masalah pada sirkuit.

3. Seri Kekurangan

Selain memiliki beberapa kelebihan, seri seri juga memiliki beberapa kelemahan seperti sumber tegangan yang digunakan oleh rangkaian seri harus selalu dalam kondisi prima untuk mengatasi terjadinya masalah voltase, dan jika ada masalah pada satu komponen maka keseluruhan rangkaian akan terpengaruh alias mati.

4. Rumus Seri Seri

Serangkaian aplikasi seri ini bisa dilihat dari pemasangan lampu jalan dan baterai flash. Rumus dari rangkaian ini adalah untuk menjumlahkan semua komponen dalam rangkaian. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat di foto ini.

rumus rangkaian seri

Sirkuit paralel
1. Memahami Sirkuit Paralel

Sirkuit paralel adalah jenis rangkaian listrik yang tersusun dengan cara yang tidak sejajar alias bercabang. Jadi masukan dari rangkaian ini diambil dari sumber yang sama. Tak heran komponen (kabel) yang dibutuhkan untuk menyediakan sirkuit yang lebih paralel dari rangkaian seri.

untai. paralel

2. Kelebihan Sirkuit Paralel

Sirkuit paralel memiliki beberapa kelebihan seperti jika ada satu komponen yang rusak atau dilepas, maka komponen lainnya tetap bisa berjalan normal, karena arus listrik mengalir ke setiap komponen yang ada. Berbeda dengan rangkaian seri yang hanya menggunakan satu jalur.

Juga baca: Seri dan Paralel RLC Circuits
3. Kekurangan Sirkuit Paralel

Selain memiliki kelebihan, sirkuit paralel juga memiliki kekurangan biaya yang dibutuhkan untuk membuat sirkuit ini jauh lebih mahal dibanding rangkaian seri. Karena sirkuit paralel membutuhkan banyak komponen (kabel) untuk menghubungkan setiap beban dengan sumber tegangan.

4. Rumus Sirkuit Paralel

Penerapan rangkaian paralel ini bisa dilihat dari pemasangan lampu lalu lintas. Rumus rangkaian paralel adalah dengan menjumlahkan kebalikan dari semua komponen yang ada di sirkuit. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat di foto ini.

rumus rangkaian paralel

Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada seri seri, besaran arusnya sama, sedangkan besarnya tegangan bervariasi tergantung dari ukuran hampatan di sirkuit. Berbeda dengan sirkuit paralel, besarnya tegangan sama, sedangkan besaran arus bervariasi tergantung pada jumlah tahanan yang ada di sirkuit.

Demikian informasi singkat tentang perbedaan antara rangkaian seri dan paralel. Kami berharap informasi yang kami berikan saat ini akan bermanfaat bagi semua pembaca, terutama pembaca setia learnelektronika.net. Sampai jumpa lagi dan jangan lupa untuk berbagi artikel ini dengan teman anda jika berguna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *