Penyebab Heat Transistor dan Cara Mengatasinya

By | 15 September 2017

Komponen transistor sering digunakan di berbagai jenis sirkuit elektronik termasuk sirkuit penguat. Di tempat kerja, transistor menerima arus listrik dalam jumlah banyak sehingga suhunya naik dan turun. Dalam kondisi tertentu, transistor bisa sangat panas. Namun, panas maksimal yang bisa diterima transistor mencapai 70 derajat celcius.

Di atas nilai itu, transistor akan rusak dan rusak. Tentunya Anda semua penasaran sebenarnya apa yang menyebabkan transistor bisa sangat panas terbakar. Nah, pada kesempatan besar ini learnelektronika.net akan berbagi info singkat tentang penyebab panas transistor dan cara mengatasinya.

Menyebabkan panas transistor
Anda perlu tahu bahwa hampir semua transistor akan menjadi panas di tempat kerja, termasuk transistor horisontal dan transistor akhir pada amplifier. Bukan masalah asal panas yang tidak berlebihan. Tapi jika panas transistor begitu tinggi, bisa menyebabkan transistor pecah. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin menyebabkan transistor pecah.

Daya bodi pada transistor pendek dengan pendingin aluminium
Arus basis yang diterima oleh transistor terlalu besar
Bebannya tidak seperti seharusnya atau muatannya terlalu besar
Tegangan listrik yang diberikan terlalu besar
dll.
Jadi ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan transistor menjadi terlalu panas. Resistor yang rusak dan perubahan nilainya juga dapat menyebabkan transistor rusak karena arus dan voltase yang diterima oleh transistor terlalu besar (tidak seperti seharusnya). Jadi Anda harus bisa mengenali apakah transistor yang Anda gunakan itu panas.
Cara Mengatasi Transistor Panas
Setelah mengetahui penyebab panas transistor, Anda bisa langsung memperbaikinya. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga agar suhu transistor tetap dingin agar tidak terlalu panas. Berikut beberapa tips cara memperbaiki atau mengatasi suhu transistor yang terlalu panas.

Pasang pelat pendingin pada bodi transistor
Pasang lempeng rusuk pada transistor
Sambungkan kaki emitor ke persimpangan kondensor

Pemasangan pelat pendingin pada bodi transistor akan membuat aliran panas dari bodi transistor ke cooling plate. Biasanya bahan yang digunakan berupa plat aluminium yang mampu menerima panas. Sedangkan pemasangan plat rusuk pada transistor berfungsi untuk menghilangkan panas.

pendingin ponsel pendingin alami pendinginan evaporatif pending ipos pendinginan evaporasi pendingin cb150r pendingin xeon pendingin mesin pendingin vga pendingin aquascape pendingin bola pendingin liquid pendingin iphone pendingin vega pendingin nugget pendingin jengkolan pendingin power pendingin trafo pendingin jenazah pendingin processor pendingin hawa pendingin newton pendingin hardisk pendingin vixion pendingin termoelektrik pendingin evaporatif pendingin elektrik pendingin android pendingin perut pendingin container pendingin greenhouse pendingin gadget pendingin dinamo pendingin macbook jaket pendingin pendingin mobil pendingin modem pendingin peltier pendingin led pendingin chiller pendingin nitrogen pendingin vespa pendingin tegak pendingin atap pendingin transformator pendingin industri pendingin dispenser pendinginan newton pendingin ps3 pendingin batre pendingin etalase pendingin gea pendingin kue pendingin showcase pendingin nuklir pendingin satria pendingin box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *