Motor Stepper: Pengertian, Prinsip Kerja, dan Tipe

By | 15 September 2017

Motor AC dan motor DC juga terbagi menjadi beberapa jenis. Salah satu jenis motor DC yang banyak digunakan untuk keperluan robot adalah motor stepper. Motor stepper biasa digunakan untuk menggerakkan lengan robot, dan lainnya. Pertanyaan besarnya adalah, apa sebenarnya motor stepper?

Nah, kebetulan pada kesempatan ini learnelektronika.net akan berbagi informasi lengkap terkait motor stepper mulai dari pengertian, prinsip kerja, hingga jenis. Daripada terus penasaran, lihat baik review lengkap kita akan share berikut ini.

Memahami Motor Stepper
Motor stepper adalah jenis motor DC yang dikendalikan oleh pulsa digital. Dengan demikian pulsa elektronik diubah menjadi gerakan mekanis. Jadi gerak motor stepper yang dihasilkan berdasarkan urutan pulsa yang diterimanya. Tak heran bila motor ini banyak diterapkan di berbagai jenis alat industri dan robotika.

Prinsip Kerja Stepper Motor
Prinsip kerja motor stepper sebenarnya sangat sederhana, yaitu dengan mengubah pulsa input menjadi gerakan mekanik diskrit. Oleh karena itu, untuk pergerakan motor stepper yang tepat, perlu dikontrol fungsi pembangkit pulsa periodik. Berikut adalah motion stepper motion illustration yang lengkap dengan pulse driving.

Dari gambar itu bisa dilihat bahwa motor stepper bergerak menyesuaikan pengaturan sinyal listrik yang diterima. Denyut nadi dilepaskan oleh pengontrol motor stepper. Dengan begitu Anda bisa mengatur motor stepper rotasi dengan mengonfigurasikan stepper motor controller.

Juga baca: Motor Driver Stepper circuit
Jenis Tipe Motor Stepper
Umumnya motor stepper terbagi menjadi tiga jenis. Pembagian ini didasarkan pada struktur rotor dan stator yang dimilikinya. Yang pertama adalah stepper motor type variable reluctance (VR), yang kedua adalah motor stepper magnet permanen (PM), dan yang ketiga adalah motor stepper hibrida.

1. Tipe Motor Stepper Variable Reluctance (VR)

Keengganan tipe motor stepper adalah salah satu jenis motor stepper yang paling mudah dipahami. Karena motor jenis ini hanya terdiri dari rotor besi lunak, belitan stator, dan beberapa gerigi. Bila belitan stator diberi arus DC, kutubnya akan dimagnetisasi dan gigi rotor akan tertarik oleh kutub stator.

2. Stepper Tipe Motor Permanent Magnet (PM)

Motor stepper kedua adalah motor stepper tipe magnet permanen. Jenis stepper ini memiliki rotor dengan bentuk kaleng melingkar dalam bentuk lapisan magnetik bergantian dengan kutub yang berlawanan. Karena menggunakan magnet permanen, torsi yang dihasilkan lebih besar.

3. Motor Stepper Tipe Hybrid

Yang terakhir adalah motor stepper tipe hibrida. Tipe motor ini memiliki tipe dua kombinasi motor sebelumnya dari tipe variabel keengganan dan magnet permanen. Motor stepper ini memiliki gerigi seperti motor stepper VR, namun juga memiliki magnet permanen yang tersusun secara aksial seperti motor stepper PM.

Selain tiga divisi motor stepper, motor stepper juga dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis motor stepper unipolar dan motor stepper bipolar. Pembagian dua jenis motor stepper didasarkan pada metode perancangan rangkaian kontrol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *