Motor Listrik Tahap Tunggal, Penggunaan dan Tipe

By | 13 September 2017

Motor fase tunggal umumnya dibuat dengan tenaga kecil (horsepower pecahan), konstruksinya juga cukup sederhana, meski motor jenis ini tidak terlalu mudah dianalisis. Motor fase tunggal banyak digunakan pada peralatan rumah tangga dan industri, seperti kulkas, pompa air, mesin cuci, mesin jahit, dan lain-lain.

Tipe motor fase tunggal

1. Satu motor induksi fasa
Motor jenis ini dikelompokkan menurut metode yang digunakan untuk memulai dan mengacu pada nama metode yang digunakan, seperti resistance start (split phase), kapasitor-start, kapasitor, dan naungan tiang.

2. Seri Satu Tahap Motor (Universal)
Motor seri fasa tunggal dapat digunakan dengan dua jenis arus, yaitu arus searah (dc) dan arus bolak-balik (ac). Motor jenis ini mampu memberikan torsi awal yang tinggi dan beroperasi pada kecepatan tinggi. Motor universal banyak digunakan pada peralatan rumah tangga dan peralatan portabel.

3. Single phase sync motor
Tipe motor sinkron fase tunggal berputar pada kecepatan konstan dan digunakan pada peralatan yang membutuhkan kecepatan konstan seperti jam. Ada dua jenis motor sinkron yang biasa digunakan, yaitu motor enggan dan motor histeresis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *