Memahami Frekuensi, Getaran, Gelombang, dan Amplitudo

By | 15 September 2017

Jika Anda bermain hobi radio amatir atau HT, maka akan sangat dekat dengan istilah frekuensi. Begitu pula jika Anda bergelut di dunia transmisi audio dan sinyal, sering terdengar istilah getaran, ombak, amplitudo, dan sebagainya. Tapi apakah Anda benar-benar tahu apa definisi istilah ini?

Nah, bagi anda yang tidak tahu apa itu frekuensi, getaran, gelombang, dan juga amplitudo, situs ini learnelektronika.net akan mengajak anda semua untuk mencari tahu. Oke, jangan berlama-lama lagi lihat saja info tentang definisi frekuensi, getaran, ombak, dan juga amplitudo berikut.

Memahami Frekuensi
Frekuensi adalah jumlah atau jumlah getaran yang terjadi dalam satu detik. Unit untuk frekuensi ini adalah Hertz atau Hz. Frekuensi dapat diformulasikan sebagai f = N / t dimana N adalah jumlah getaran, dan t adalah waktu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa jumlah frenkuensi adalah jumlah getaran dibagi dengan jumlah waktu.

Memahami Getaran
Getaran adalah gerakan maju dan mundur yang berada di sekitar ekuilibrium. Ekuilibrium yang disebutkan di sini adalah keadaan di mana benda tersebut beristirahat jika tidak ada gaya yang bekerja dengannya. Getaran ini erat kaitannya dengan frekuensi dan juga amplitudo. Satu gerakan penuh sama dengan satu frekuensi getaran.

Memahami Gelombang
Gelombang adalah getaran yang merambat. Idealnya gelombang akan mengikuti gerak sinusoide. Gelombang dapat berjalan melalui ruang hampa dan juga bisa berada di media, di mana mereka dapat bergerak dan dapat memindahkan energi dari satu tempat ke tempat lain tanpa harus menyebabkan partikel media bergerak secara permanen.

Bacalah juga: Perumusan Cepat Gelombang Transversal
Memahami Amplitudo
Amplitudo adalah penyimpangan maksimal atau maksimal yang terjadi pada saat terjadi getaran. Amplitudo diwakili oleh simbol A dan satuannya adalah meter (m). Selain itu amplitudo juga dapat didefinisikan sebagai jarak terjauh dari titik ekuilibrium.

Selain frekuensi, getaran, gelombang, dan amplitudo, ada istilah lain yang terkait erat dengan syarat periode. Periode adalah waktu yang dibutuhkan untuk melakukan satu getaran. Oke, mudah-mudahan sedikit informasi tentang arti frekuensi, getaran, ombak, dan amplitudo sangat bermanfaat. Sampai jumpa lagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *