Cara Mengukur Tegangan DC dan AC

By | 15 September 2017

Seperti yang telah kita saksikan bersama ada dua jenis tegangan listrik, yaitu tegangan DC dan AC. Tegangan DC adalah tegangan searah, sedangkan AC adalah bolak-balik. Tegangan DC biasa ditemui pada catu daya keluaran, sedangkan tegangan AC bisa ditemukan di listrik rumah dari PLN.

Cara Mengukur Tegangan Listrik
Pada kesempatan ini learnelektronika.net akan berbagi sedikit informasi tentang cara mengukur voltase kedua daya AC dan DC. Alat yang digunakan untuk mengukur voltase ini tentunya avometer atau multitester. Penasaran bagaimana? Simak ulasan berikut belajarelektronika.net.

Cara Mengukur Tegangan DC
Pertama-tama tolong siapkan avometer dan sumber tegangan terukur (baterai atau catu daya)
Kemudian perkirakan gain voltase dari sumber tegangan yang ingin Anda ukur, katakanlah 10 volt
Jika misalnya tegangan kira-kira 10 volt, maka matikan avometer beralih ke voltase voltase DC di atas 10 volt, misalnya DCV 50V.
Setelah itu pasang probe merah ke tiang positif sumber tegangan, dan probe hitam ke kutub negatif dari sumber tegangan.
Perhatikan tampilan gerakan jarum (jika dihindari analog) dan nomor (jika dihindari digital) untuk mengetahui berapa voltase
Cara Mengukur Tegangan AC
Pertama-tama tolong siapkan avometer dan sumber tegangan terukur
Kemudian perkirakan gain voltase dari sumber tegangan yang ingin Anda ukur, misalnya 220 volt
Jika misalnya tegangan kira-kira 220 volt, maka matikan avometer beralih ke voltase voltase AC di atas 220 volt, misal ACV 250V
Kemudian pasang probe merah ke salah satu sumber tegangan, dan probe hitam ke sumber lainnya (bolak-balik tidak masalah)
Perhatikan tampilan gerakan jarum (jika dihindari analog) dan nomor (jika dihindari digital) untuk mengetahui berapa voltase

Seberapa mudah bukan? Begitu sedikit informasi tentang bagaimana mengukur tegangan DC dan AC. Semoga informasi ini bisa memberi manfaat dan juga inspirasi bagi pembaca setia learnelektronika.net semua. Sampai jumpa di review tak kalah seru berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *