Cara Menghitung Nilai Kapasitor Paralel dan Seri

By | 15 September 2017

Masing-masing komponen elektronik ini memiliki bentuk, jenis, dan fungsinya sendiri. Salah satu yang paling umum adalah kapasitor. Sebelumnya kita sudah menjelaskan secara lengkap tentang definisi dan fungsi kapasitor. Dan pada kesempatan ini akan dilanjutkan ke informasi bagaimana cara menghitung nilai kapasitor.

Untuk menghitung nilai sebuah resistor sangat mudah, lihat saja tulisan yang ada di bodi, atau bisa juga gunakan bantuan multimeter alias avometer. Tapi bagaimana jika kapasitor ada di sirkuit, dan jumlahnya tidak hanya satu? Inilah ulasannya.

Cara Menghitung Nilai Kapasitor Paralel
Seperti kita ketahui bahwa ada dua jenis rangkaian listrik atau rangkaian elektronika. Yang pertama adalah sirkuit paralel, dan yang kedua adalah rangkaian seri. Berikut cara menghitung nilai kapasitor yang tersusun di sirkuit paralel lengkap dengan rumus dan deskripsi.

Cara Menghitung Nilai Kapasitor Seri
Lantas bagaimana jika kapasitor itu disusun secara seri rangakain? Sedikit berbeda dengan rangkaian kapasitor paralel yang hanya bertambah, rangkaian seri kapasitor menggunakan rumus pembagian. Berikut info lengkap cara menghitung nilai kapasitor seri lengkap dengan rumus dan deskripsi.

Nah, ini review tentang bagaimana mengukur atau mengetahui nilai kapasitor baik saat disusun secara seri maupun paralel. Jika kapasitor disusun dalam bentuk rangkaian campuran, cukup gabungkan kedua rumus tersebut untuk membentuk perhitungan yang tepat. Jika jumlah resistor banyak dihitung, tinggal dikalikan saja.

Semoga informasi singkat bagaimana cara menghitung nilai kapasitor paralel dan seri ini bisa bermanfaat bagi semua pembaca. Mengawasi situs studi electronica.net karena akan ada informasi yang lebih berguna tentang elektronik secara umum daripada rangkaian, komponen, pemecahan masalah, dan banyak lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *