Cara Membaca Screw dan Caliper Micrometer

By | 15 September 2017

Anda harus tahu bahwa mikrometer sekrup adalah alat yang bisa digunakan untuk mengukur benda dengan presisi mencapai 0,01 mm. Mikrometer sekrup banyak digunakan untuk mengukur ketebalan, panjang, hingga diameter luar suatu benda.

Ada tiga jenis mikrometer sekrup yang kita kenal sampai saat ini. Yang pertama adalah mikrometer luar yang digunakan untuk mengukur diameter suatu benda. Yang kedua adalah mikrometer bagian dalam yang digunakan untuk mengukur diameter lubang benda. Dan yang terakhir adalah mikrometer kedalaman.

Benda yang bisa diukur dengan sekrup mikrometer berbeda dari kawat, balok kecil dan tabung, dan banyak lainnya. Bagi Anda yang ingin mengukur benda kecil dengan presisi, bisa langsung menggunakan sekrup multimeter.

Namun sayangnya tidak banyak orang yang tahu cara menggunakan alat yang satu ini. Untuk itu pada kesempatan ini, learnelektronika.net akan menginformasikan sedikit info tentang cara menggunakan dan membaca alat sekrup dan presisi micrometer dengan benar.

Cara Membaca Screw Micrometer

Sebelum itu Anda harus tahu bahwa mikrometer memiliki dua sisik. Satu ada di dalam tubuh, dan yang lainnya ada di sekrup yang bisa diputar. Skala pada bodi adalah skala utama dengan satuan 1 mm dan juga 0,5 mm. Sedangkan skala pada sekrup menunjukkan nilai desimal sampai 1 / 1.000 mm.

Pertama pastikan kunci terbuka
Setelah itu buka rahang pada mikrometer sehingga benda yang terukur bisa dimasukkan
Jepit objek yang akan diukur pada rahang
Putar kunci sehingga benda tidak bisa bergerak
Setelah itu lihat saja skala mikrometernya
Misalkan skala utama menunjukkan jumlah sekrup rotary 4,5 mm dan skala menunjukkan angka 39, berarti bahwa diameter benda yang Anda ukur memiliki nilai 4,89 mm dengan perhitungan (4,5 + 0,39)
Nah begitulah definisi, fungsinya, bagaimana cara penggunaannya, dan cara membaca sekrup mikrometer. Lantas bagaimana dengan istilah sliding? Jaka sorong sebenarnya adalah gauge yang juga memiliki fungsi yang sama seperti screw micrometer. Sliding adalah alat yang digunakan untuk mengukur benda dengan akurasi per 100 milimeter.

Sorong memiliki fungsi untuk mengukur diameter luar, diameter, kedalaman, dan juga kedalaman suatu benda. Inilah info lebih lanjut tentang cara menggunakan dan membaca timbangan pada slider. Sebelum itu Anda perlu tahu bahwa ada beberapa metode dalam menggunakan istilah sliding.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *