Cara Memasang Saklar Lampu dan Kontak Berhenti

By | 15 September 2017

Pada kesempatan ini learnelektronika.net akan berbagi sedikit informasi tentang cara memasang tombol lampu, baik satu saklar, dual switch, atau tombol yang menjadi kesatuan dengan soket. Ingin tahu informasi lengkap? Kami harap ulasan ini dapat membantu Anda merencanakan perjalanan.

Cara Memasang Saklar Lampu
Sebelum Anda mulai menginstal, ada beberapa hal yang perlu diingat. Sebaiknya Anda mencari informasi terlebih dahulu di internet tentang listrik rumahan dan skema instalasi perpindahan cahaya sehingga nantinya Anda tidak bingung. Setelah itu matikan kabel listrik rumah Anda untuk menghindari arus pendek, dan sengatan listrik. Terakhir jangan lupa berdoa.

Juga Baca: TL Lampless Tanpa Trafo Circuit
Jika sudah, segera siapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan untuk memasang lampu dan stopkontak. Berikut adalah beberapa alat dan bahan yang harus Anda siapkan terlebih dahulu sebelum memulai proses instalasi sakelar lampu dan juga soketnya.

Switch (single / double / single + socket)
Kabel NYM atau kabel tembaga
Alat kelengkapan lampu
Kotak switch
Pipa pelindung kabel
Pipa penjepit
Tang kombinasi
Obeng dan taspen
Isolasi / tape
Setelah semua alat dan bahan siap, langsung masuk ke proses pemasangan sakelar lampu dan juga soketnya. Berikut adalah langkah demi langkah cara memasang lampu sakar yang benar dan aman. Harap dicatat bahwa Anda membaca dengan seksama sehingga tidak ada langkah yang terlewatkan.

Pertama-tama tolong buat titik di mana pemasangan sakelar di dinding minimal jarak 1,5 meter dari permukaan lantai agar aman dari jangkauan anak-anak.
Setelah itu buatlah lubang seukuran kotak saklar sebagai tempat. Jika Anda hanya mengganti suk yang rusak, maka langkah 1 – 2 tidak perlu dilakukan. Jauhi sakelar lama dari tempat itu
Setekah itu memasukkan 2 buah kabel (untuk single switch), dan 3 buah kabel (untuk double switch atau switch + socket)
Sambungkan kabel dengan saklar. Pada satu saklar hanya perlu menghubungkan dua kabel ke sumber tegangan dan sumber lampu. Tapi untuk double switch atau switch + socket Anda bisa melihat gambar di bawah ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *