Cara Cepat Belajar Layanan Elektronik Untuk Pemula

By | 15 September 2017

Selain pengertian, belajar menjadi teknisi elektronika juga membutuhkan ketekunan dan ketelitian. Anda perlu tahu bahwa sistem pembelajaran menjadi teknisi atau tukang reparasi yang handal adalah cara berlatih. Semakin sering latihan, pengetahuan yang didapat juga semakin banyak.

Lantas bagaimana dengan para pemula? Bisakah mereka berlatih segera? Jawabannya adalah tidak. Bagi anda yang benar-benar pemula dan belum pernah terjun langsung di dunia elektro, lebih baik belajar teori dasar dulu. Setelah benar-benar mengerti, maka Anda bisa langsung terjun ke latihan.

Pelajari tentang Layanan Elektronik Pemula
Memang, untuk menguasai ilmu tertentu diperlukan sebuah proses yang tidak benar. Oleh karena itu kali ini kita akan berbagi tips bagaimana cara belajar layanan elektronik dengan mudah dan cepat yang sangat cocok diterapkan oleh para pemula. Jika Anda penasaran, bisa langsung merujuk ke review berikut.

1. Pelajari Teori Dasar Elektronika dan Listrik

Seperti yang kita katakan sebelumnya jika Anda benar-benar seorang pemula, Anda seharusnya tidak segera berlatih. Pelajari dulu teori dasar elektronika dan listrik mulai dari apa itu voltase, resistansi, arus, tenaga, dan sebagainya. Pelajari juga fungsi masing-masing komponen elektro, dan juga pahami bagaimana elektronika bekerja.

Berikut adalah bahan dasar tentang elektronik dan listrik:

Teori Dasar Arus, Tegangan, Hambatan, dan Kekuasaan
Miscellaneous Komponen Elektronik + Simbol
Cara Mengukur Komponen Elektronik dengan Avometer
Cara Membuat Sirkuit Elektronika Sederhana
2. Temukan Info Tambahan Tentang Layanan Elektronika

Nah, begitu Anda mempelajari semua teori dasar tentang elektronik, Anda juga harus mencari info tambahan untuk teman, media online, atau hal-hal baik lainnya tentang ilmu elektronik, kursus elektronik, di mana Anda bisa mendapatkan komponen elektronik lengkap dengan harga lebih lambat.

Buat jaringan sebanyak mungkin dengan teknisi elektronik lainnya karena masa depan akan sangat berguna bagi Anda. Misalnya saat Anda menghadapi masalah yang berkaitan dengan layanan elektro, Anda bisa langsung bertanya. Bisa jadi orang yang Anda tanyakan telah mengalami masalah dan bisa mengatasinya.

3. Siapkan Alat Dasar untuk Layanan Elektronik

Agar Anda bisa memulai pelayanan barang elektronik, tentunya Anda harus memiliki peralatan dasar untuk layanan seperti obeng, multitester, tang, solder, dan sebagainya. Jika anggaran Anda terbatas, Anda bisa membelinya satu per satu sambil menabung dan terus mempelajari layanan barang elektronik.

Atau jika tidak, Anda bisa meminjam peralatan terlebih dulu ke sesama teknisi. Itu sebabnya berjejaring dengan sesama teknisi elektronik itu penting dan harus dilakukan. Jika peralatan utama sudah ada di sana, Anda bisa langsung mulai.

Baca juga: Tip Membuka Bisnis dan Layanan Elektronik Shop
4. Buat Kerusakan dan Perbaiki Sendiri

Pepatah mengatakan bahwa segala sesuatu membutuhkan pengorbanan. Memang benar dan sangat relevan diterapkan di dunia jasa elektronik. Sebelum Anda menerima barang elektronik pasien, Anda harus berlatih dulu. Caranya adalah dengan merusak barang elektronik Anda sendiri.

Setelah barang rusak, cari tahu bagian mana yang rusak dan harus diperbaiki. Dengan begitu Anda akan mendapatkan ilmu tentang electronic service (pemecahan masalah) secara langsung. Jika Anda berhasil memperbaikinya, keahlian layanan elektronik Anda meningkat. Lakukan ini lagi dan lagi.

5. Perluas Flying Hours, Dari Wikipedia ke Kompleks

Seperti yang telah kami katakan sebelumnya bahwa keterampilan seorang teknisi elektronika juga dipengaruhi oleh jam terbang. Perbaikan peralatan yang bisa diperbaiki, semakin maju ilmu layanan elektronik. Karena ilmu seorang teknisi didasarkan pada latihan.

Jika Anda seorang pemula, mulailah dari hal-hal sederhana hingga yang lebih rumit. Jika Anda ingin mencoba membuat sirkuit elektronik, buat yang sederhana dulu. Setelah Anda menguasainya, maka cobalah rangkaian yang lebih rumit. Ini akan lebih mudah dan lebih cepat untuk menjadikan Anda teknisi elektronika yang berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *