Bagaimana Split AC Works dan Component didalamnya

By | 15 September 2017

Sebenarnya ada beberapa jenis AC yang terdiri dari AC Central, Split AC, Car AC dan sebagainya. Tapi prinsip inti sistem kerja AC hampir sama. Untuk lebih menyederhanakan posting ini saya akan membahas secara khusus bagaimana cara kerja ac split yang sering Anda temui di rumah, kantor kecil dan sebagainya. Split AC terdiri dari dua bagian, yaitu bagian indoor dan outdoor, untuk memudahkan pembelajaran komponen di AC Split, maka saya akan membaginya menjadi tiga sub-bab.

1. Evaporator

Evaporator adalah alat yang sangat penting dalam sistem pendingin udara karena ini adalah proses inti kerja ac dalam mendinginkan suhu ruangan, ini terbuat dari pipa tembaga melingkar kecil yang melilit grid kisi aluminium. Dalam pipa evaporator mikro ini ada refrigant / refrigerant, refrigerant yang paling banyak digunakan adalah tipe freon. Refrigant ini bekerja mengisap panas kemudian disirkulasikan oleh blower indoor. Jadi pada dasarnya udara di dalam ruangan akan diserap oleh evaporator dengan bantuan blower indoor, lalu masuk ke pipa evaporator mikro sehingga panas udara yang masuk ke pipa kapiler diserap oleh freon dan berubah menjadi udara yang lebih dingin.

2. Filter Udara

Saringan udara ini adalah alat yang akan menyaring udara di ruangan agar tetap bersih dari kotoran dan debu. Itulah sebabnya ruangan yang menggunakan ac memiliki debu jauh lebih sedikit daripada orang yang tidak menggunakannya.

3. Blower Indoor Air Conditioner

Saat AC dinyalakan, maka blower indoor ini akan berputar, Tujuannya adalah mengisap udara di dalam ruangan dan menghembuskan udara spasial. Jadi intinya blower indoor berfungsi sebagai sirkuit udara di ruangan ber AC sehingga udara di ruangan bisa bersirkulasi terus menerus melalui evaporator.

4. Indoor Motor Blower

Motor blower berfungsi sebagai pengemudi blower indoor yang berfungsi sebagai sirkulator udara di dalam ruangan.

5. PCB / Printed Circuit board

PCB adalah komputer mikro yang biasanya selalu ada di setiap perangkat elektronik. Fungsinya adalah memberikan perintah di seluruh sistem pendingin ruangan.

6. Termistor

Alat ini hampir memiliki fungsi yang sama seperti termometer di sistem AC. Termistor memainkan peran penting dalam sensor udara dalam ruangan serta pemasok outdoor, sehingga dapat menganalisis keefektifan pendinginan sistem AC seperti yang Anda pesan di remote ac.

Split Outdoor Air Components

Gambar di atas adalah bagian luar sirkuit sistem AC Split. Ada beberapa bagian yang harus diketahui dalam sistem ini yang terdiri dari kompresor, kondensor, kipas luar ruangan, kompresor kapasitor, pipa kapiler dan kelebihan beban.

1. Kompresor

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, bahwa sistem pendingin udara pasti akan memiliki refrigant atau coolant, dimana cairan yang paling banyak digunakan adalah freon. Nah, kompresor ini punya tugas besar untuk mengedarkan dan memompa refrigant. Selain itu ia juga membuat dua sirkuit dari berbagai sistem tekanan untuk memudahkan proses refrigant untuk mengubah fasa dari cairan menjadi gas atau gas menjadi cair selama proses sirkulasi operasi AC.

2. Kondensor
Sebagai refrigant mulai meninggalkan kompresor dan mengarah ke kondensor, refrigeran akan memiliki panas, suhu dan tekanan tinggi. Fungsi kondensor ini adalah untuk mendinginkan refrigeran dan menurunkan tekanannya. Selain itu, ia juga berperan mengubah fase zat refrigant dari gas menjadi cair dan kemudian mengalir ke pipa orifice / pipa kapiler.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *