Bagaimana Kulkas Bekerja dan Bagian Kulkas

By | 15 September 2017

Hingga saat ini, ada beberapa perusahaan kulkas yang bersaing untuk menciptakan inovasi terbaru. Beberapa merek kulkas terbaik yang banyak digunakan dan terkenal di seluruh dunia adalah Sharp, LG, Toshiba, Panasonic, Sanken dan lain-lain. Tentu saja, produk kulkas dari merek ini telah diuji kualitasnya.

Kebanyakan orang memiliki kulkas, tapi tahukah Anda bagian apa yang ada di kulkas? Apa saja komponen utama kulkas? Lalu bagaimana prinsip kerja kulkas agar kesegaran makanan di dalamnya tetap terjaga di dalamnya? Bagaimana kulkas sesuai dengan sains ilmiah? Berikut ini adalah ilustrasi lengkap bagian-bagian di lemari es dan cara kerjanya.

Bagaimana Kulkas Bekerja dan Bagian Kulkas

Secara umum, ada 9 bagian dan komponen utama di kulkas yang memiliki fungsi utamanya.

1. Kompresor, adalah komponen terpenting di kulkas yang berfungsi untuk memompa refrigeran ke seluruh bagian kulkas.

2. Kondensor, adalah penukar panas untuk mengubah bentuk gas pendingin pada suhu tinggi dan tekanan menjadi bentuk cair.

3. Filter (filter), berguna untuk menyaring kotoran yang mungkin dibawa dalam aliran pendingin setelah proses perputaran.

4. Evaporator, berfungsi menyerap panas dari benda yang dimasukkan ke dalam kulkas dan mendinginkannya.

5. Thermostat, berfungsi secara otomatis kerja kompresor berdasarkan batas suhu pada masing-masing komponen kulkas.

6. Pemanas, berfungsi untuk menemukan bunga es yang ada di evapurator.

7. Fan Motor, berfungsi untuk mendinginkan udara dingin dari evaporator ke seluruh rak dan mendorong udara melalui kondensor dan kompresor.

8. Overload Motor Protector, berfungsi melindungi komponen listrik dari kerusakan akibat arus yang dihasilkan kompresor yang melebihi normal.

9. Refrigerant (Refrigerant), adalah zat yang mudah ditransformasikan dari gas menjadi cair, atau sebaliknya.

Cara Kerja Kulkas

Cara kerja kulkas masih erat kaitannya dengan prinsip perpindahan panas. Sistem ini bekerja dari kompresor yang berfungsi sebagai motor penggerak. Motor kompresor akan segera diputar dan memberi tekanan pada semua zat pendingin bila telah dinyalakan oleh listrik. Bahan pendingin gas saat ditekan akan menjadi gas bertekanan dan suhu tinggi.

Dengan bentuk seperti itu, mebuat cairan pendingin akan mengalir ke kondensor. Nantinya akan disaring oleh filter yang ada. Pada titik kondensasi, gas akan mengembun dan akan kembali ke bentuk cair, cairan pendingin bertekanan tinggi akan didorong dan akan menuju ke tabung kapiler.

Dengan cara itu zat pendingin akan segera naik ke evaporator karena tekanan kapiler sudah dimiliki oleh tabung kapiler itu sendiri. Saat berada di dalam evaporator, cairan pendingin segera menguap dan bentuknya akan berubah kembali menjadi gas yang memiliki tekanan dan suhu rendah.

Karena prosesnya, maka udara di sekitar evaporator akan memiliki suhu rendah dan akhirnya terkondensasi menjadi bentuk cair. Dalam kondisi berulang, udara akan membeku dan menjadi butir es. Hal ini terjadi pada benda atau air yang sengaja diletakkan di sekitar evaporator.

Itu adalah sekilas penjelasan ilmiah tentang komponen di kulkas dan cara kerjanya. Beberapa info tentang prinsip kerja kulkas dan daftar lengkap komponen kulkas. Semoga penjelasan mengenai informasi unik terbaru di atas bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan ilmu kita semua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *