Bagaimana Kerja Besi dan Pemanas Air Listrik

By | 15 September 2017

Untuk lebih memahami perubahan energi listrik menjadi energi panas yang terjadi pada kedua alat tersebut, pelajari pembahasan berikut.

Sebuah. Bagaimana Besi Bekerja

Apakah Anda pernah menyetrika pakaian Anda menggunakan setrika listrik? Di bagian dalam setrika listrik, ada komponen yang disebut heater. Bagian pemanas terdiri dari kawat halus yang terbuat dari nikel dan melilit mika.

Bagaimana kawat kecil bisa panas? Bila arus listrik mengalir melalui kawat halus, elektron elektron akan sulit mengalir melalui kawat karena penghalang kawat sangat besar.

Elektron akan mengalami tabrakan dengan atom kawat dari konduktor. Tumbukan menyebabkan kawat menjadi terlalu panas.

Panas ini kemudian ditransfer ke logam yang menempel pada kawat sehingga setrika listrik menjadi panas. Besi listrik merupakan salah satu alat yang bisa mengubah energi listrik menjadi energi panas atau energi panas.

Alat lain yang bisa mengubah energi listrik menjadi energi panas, antara lain

kompor listrik lain, solder listrik, dan pemanas air.
Cara Kerja Electric Strika dan Water Heater (Water Heater)
Gambar: Besi Listrik

b. Bagaimana Pemanas Air Bekerja

Pernahkah Anda memasak air menggunakan pemanas air listrik? Pada pemanas air, energi listrik diubah menjadi energi panas. Pemanas air listrik memiliki prinsip kerja yang sama seperti setrika listrik. Kedua perangkat memiliki elemen pemanas.

Dalam pemanas air, elemen pemanas terbuat dari kawat nichrome, campuran nikel dan kromium. Kabel nikrom memiliki ketahanan yang besar dan tahan terhadap suhu tinggi. Kawat ini melilit pelat insulator tahan panas. Di pemanas air, gulungan kabel nikrom dilapisi ulang oleh bahan insulator tahan panas untuk penggunaan yang lebih aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *