Alat Untuk Mengukur Tegangan Listrik

By | 15 September 2017

Tegangan listrik menyebabkan benda dengan muatan listrik negatif ditarik dari tempat tegangan rendah ke posisi yang lebih tinggi, sehingga arah arus listrik mengalir dari tegangan tinggi ke tegangan rendah. Berbicara tentang voltase listrik, tentu tidak akan pernah lepas dari nama alat ukur.

Pada kesempatan besar ini, Electronic Learning akan membagikan sedikit informasi kepada Anda semua tentang alat untuk mengukur voltase. Bagi Anda yang berniat menjelajahi dunia elektronika, sangat penting untuk memahami materi yang satu ini. Karena itu tolong lihat dengan saksama.

Alat Untuk Mengukur Tegangan Listrik
Perlu diingat bahwa ada beberapa jenis alat yang bisa digunakan untuk mengukur voltase listrik, seperti avometer dan juga voltmeter. Untuk penjelasan lebih lengkap tentang kedua alat tersebut, silahkan lihat review dari learnelektronika.net berikut ini.

1. AVOmeter

Avometer atau multimeter atau multitester adalah alat yang digunakan untuk mengukur beberapa unit tegangan mulai dari arus (ampere), voltase (volt), dan resistance (ohm). Selain itu, avometer juga biasa digunakan untuk mengecek apakah rangkaian elektronik pecah. Avometer terbagi menjadi dua jenis, yaitu avometer analog dan digital.

bagaimana cara menggunakan avometer

Untuk mengukur voltase menggunakan avometer, cukup putar saklar ke mode voltase (volt). Setelah itu sambungkan probe merah ke kutub positif dan probe hitam ke kutub negatif, jika voltase yang diukur adalah DC. Tapi jika tegangan AC, leluasa membolak-balik probe merah dan hitam. Perhatikan juga batas voltase untuk menghindari kerusakan pada avometer.

Baca juga: Cara Mengukur Tegangan AC dan DC
2. Voltmeter

Berbeda dengan avometer, voltmeter ini adalah alat ukur yang fokus digunakan untuk mengukur tegangan listrik saja. Ya, voltmeter adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur tegangan listrik atau beda potensial antara titik satu dengan yang lainnya. Voltmeter menggunakan galvanometer yang dihubungkan secara seri dengan resistor.

Cara menggunakan voltmeter ini cukup mudah, pasang saja secara paralel pada kedua ujung saluran yang ingin dicari voltase berapa saja. Untuk lebih jelasnya tentang cara menggunakan voltmeter Anda bisa melihat gambar di bawah ini.

bagaimana cara menggunakan voltmeter

Begitu pula informasi singkat tentang pengukur voltase listrik. Semoga informasi yang kami bagikan pada kesempatan ini bisa bermanfaat bagi pembaca learnelektronika.net dimanapun anda berada. Sampai jumpa lagi dan jangan lupa untuk berbagi artikel ini dengan teman Anda melalui tombol social media di bawah ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *